IBX5835779F171C1

Jumat, 30 Oktober 2020

Menjadi Profesional dengan Domain .pw

Sumber: freepik.com


Salah satu domain yang menunjukkan website yang profesional adalah domain .pw. Domain tersebut cocok dipakai oleh kamu yang ingin menunjukkan profil berupa kemampuan dalam bidang yang didalami. Kamu juga bisa saja menggunakan domain tersebut sebagai alternatif dari domain .com yang sudah terlalu banyak penggunanya.

Jika kamu berminat membeli nama domain berekstensi ini, perlu mengetahui informasi terkait secara lebih detail. Beberapa informasi tersebut bisa kamu simak dalam artikel ini. Penasaran? Langsung saja dimulai.

Apa itu Domain .pw?

Pada tahun 1997, .pw adalah ccTLD untuk salah satu region di Pulau Pasifik yang bernama Palau. ccTLD atau country code Top Level Domain adalah domain TLD yang khusus digunakan oleh suatu tempat, atau negara. Domain .pw terus berkembang, hingga pada tahun 2004, EnCirca mengeluarkan hak eksklusif bagi salah satu grup perusahaan teknologi bernama Directi. 

Pada Oktober 2012, .pw diluncurkan ulang sebagai ccTLD yang terbuka oleh ICANN 45 di Toronto, dan berlanjut menjadi gTLD baru, dengan hak milik tetap pada Directi. Setelah itu .pw beralih menjadi domain yang berarti professional website (pw), hal ini disebabkan dengan adanya kecocokan akronim dengan nama baru yang diberikan oleh Directi. Bhavin Turakhia selaku CEO Directi, mengklaim bahwa model domain ini adalah model yang memiliki biaya rendah, dan juga tersedia dalam jumlah yang banyak di seluruh dunia dengan kualitas yang baik, sehingga akan menjadikan domain ini menjadi domain yang sukses dipasarkan di seluruh dunia.  

Pada 25 Maret 2013, domain .pw ini sudah dapat digunakan umum di seluruh dunia, dan tidak lagi menjadi domain khusus yang hanya dapat digunakan di Palau saja. Domain .pw memiliki jalur distribusi yang kuat, lebih dari 120 jaringan distribusi yang sudah terdaftar di ICANN terhubung dengan domain ini seperti, Web.com, Network Solutions, Tucows, eNom, Namecheap, Name.com, dan Xinnet.

Tantangan Baru yang Muncul Setelah Peluncuran Domain .pw

Tiga puluh menit setelah peluncuran perdananya, .pw sudah mendapatkan 4.000 pengguna yang ingin menggunakan .pw sebagai check domain-nya.  Hal ini menyebabkan domain .pw menjadi domain yang paling sukses dipasarkan dalam waktu yang sangat singkat. Namun, setelah satu bulan sejak peluncuran perdananya, .pw menjadi target para pembuat spam. Sehingga pada bulan April, dan Mei, Symantec melalui laporannya mengklaim bahwa domain .pw adalah TLD yang menjadi sumber spam pada e-mail. Pihak Directi pun tidak mau berdiam diri, dan menjawab tudingan miring terhadap TLD nya, dan mengklaim bahwa .pw tidak menoleransi berbagai bentuk spam, dan akan menghapus domain yang melanggar anti-abuse policy yang dijadikan standar untuk perusahaannya. Namun, hal ini tidak mempengaruhi jumlah pengguna yang menggunakan domain .pw. Ini terbukti dengan adanya penambahan pengguna yang menggunakan domain .pw pada website nya yang berjumlah 50.000 hanya dalam tiga minggu awal sejak peluncuran pertamanya. Lalu, tiga bulan setelah peluncurannya, tepatnya pada Juli 2013, .pw meraih jumlah pengguna sebanyak 250.000 di seluruh dunia.

Mengapa Harus Memilih .pw Sebagai Domain Kamu?

Ada banyak alasan yang bisa dijelaskan mengapa kau yang bergerak dalam bidang profesional, perlu menggunakan ekstensi yang satu ini. Seluruh alasan tersebut dapat kamu ketahui di bawah ini.

1.    Brand Baru untuk Para Profesional

Setelah peluncurannya pada Maret 2013, .pw resmi dapat digunakan oleh semua professional di seluruh dunia. Dengan adanya nama baru ini, para professional mendapatkan brand baru untuk nama website nya. Setelah banyaknya domain .com yang dipakai di seluruh dunia, domain .pw ini memberikan pilihan baru yang menjanjikan bagi seluruh professional di seluruh dunia. Ditambah lagi, domain ini akan menambah nilai baik, kredibilitas, serta ekslusivitas pada sebuah website.

Baca juga : DNS terbaik Google

2.    Tidak Ada Batasan

Domain .pw adalah domain yang proses registrasinya tidak rumit, dan paling mudah diantara beberapa domain lainnya. Ditambah lagi domain ini tidak membutuhkan dokumen khusus untuk proses registrasi, dan tentunya tidak ada batasan dalam proses registrasinya.

3.    Sangat Mudah Digunakan

Semua professional di seluruh dunia dapat dengan mudah menggunakan domain ini. Domain ini menyediakan beberapa pilihan bahasa agar semua professional di seluruh dunia dapat dengan mudah menggunakan domain ini. Domain .pw tersedia dalam beberapa Bahasa seperti, Mandarin, Jepang, Arab, Israel, Spanyol, Rusia, Turki, dan masih banyak lagi.

4.    Domain yang Aman

.pw adalah salah satu domain yang aman. Domain ini telah menyediakan nama yang bersih, dan nama yang bebas dari kekerasan untuk para professional di seluruh dunia. Dengan tidak adanya toleransi terhadap kekerasan, para professional dapat dengan aman menggunakan domain ini tanpa harus mengkhawatirkan nama baik, dan kredibilitas website nya.

Siapa Saja yang Dapat Menggunakan .pw?

Domain .pw dapat digunakan secara umum di seluruh dunia. Para professional yang bekerja dalam bidang kedokteran, hukum, konsultan, artis, pemusik, hingga blogger, dan berbagai macam jenis profesi lainnya bisa menggunakan domain ini. Jadi, domain ini tidak membatasi semua professional untuk bisa memakai .pw ini.

Single Character untuk Domain .pw Kamu

Domain .pw menyediakan layanan single character yang diposisikan tepat di depan domain ini. Dengan harga yang ditawarkan sebesar USD 8.000, alamat domain seperti P.pw dan W.pw dapat dimiliki oleh para penyedia website. Salah satu single character  yang sudah laku terjual adalah U.pw, nama domain untuk situs Upworthy. Alamat domain ini dipilih karena keunikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar