IBX5835779F171C1

Selasa, 24 September 2019

Tips Cerdas Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik di Indonesia



Saat ini banyak investor yang lebih menyukai menanam saham berupa sekuritas atau efek, dibanding saham lainnya. Oleh sebab itu di Indonesia banyak bermunculan perusahaan sekuritas, yang memiliki peran sebagai pialang (perantara). Ada 2 jenis perusahaan sekuritas terbaik, yaitu syariah dan konvensional. Keduanya memiliki tugas yang sama, sebagai perantara antara pusat pasar modal dengan investor. Pelaku pialang atau broker tidak memiliki wewenang untuk membeli atau menjual efek, mereka hanya memberikan rekomendasi saham mana yang menarik dan waktu kapan saja yang tepat untuk transaksi.

Tips Cerdas Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik Supaya Tidak Tertipu



Banyaknya perusahaan sekuritas yang muncul, tak jarang masih banyak investor yang terkena tipu. Oleh sebab itu memilih perusahaan sekuritas wajib Anda lakukan, sebelum menanamkan modal yang dimiliki. Simak tips berikut ini, agar Anda tak kena tipu oleh layanan perusahaan sekuritas.


1. Memilih Perusahaan yang Tak Memiliki Catatan Buruk

Perusahaan tak bercatatan buruk, artinya perusahaan tersebut tidak pernah masuk dalam daftar hitam pasar. Ada banyak perusahaan sekuritas besar dan ternama, yang masih sering mendapat teguran. Jadi sebelum memilih perusahaan sekuritas, sebaiknya Anda mencari tahu beberapa informasi atau latar belakang perusahaan tersebut. Atau Anda bisa cek legalitas perusahaan sekuritas, melalui situs resmi Otoritas Jasa Keuangan. Perusahaan sekuritas terbaik, ialah yang sudah masuk daftar dan diawasi penuh oleh OJK seperti Mandiri Sekuritas.

2. Data Realtime yang Diberikan

Tips berikutnya adalah memilih perusahaan sekuritas yang memiliki data aplikasi bersifat realtime, karena menjadi seorang trader tidak hanya menabung dan menunggu benefit saja. Lebih bagus lagi, jika Anda memilih perusahaan yang memberikan data realtime secara gratis atau cuma-Cuma.

3. Mengurus Buka Rekening yang Mudah

Sebuah perusahaan sekuritas terbaik akan memberikan kemudahan dalam membuka rekening, bagi seorang trader baru. Anda bisa melakukannya secara online, tanpa harus datang langsung ke kantor. cukup mengisi formulir yang didapat dari e-mail, kemudian mengirimkannya menggunakan jasa kurir atau pos. Setelah berkas diterima dan diproses oleh perusahaan sekuritas, Anda akan mendapatkan ID password untuk login (masuk). Jika proses ini berhasil, Anda bisa mulai melakukan investasi.

4. Memiliki Fasilitas Transaksi Online

Semakin berkembangnya teknologi, membuat para investor lebih menyukai menggunakan transaksi secara online.  Oleh sebab itu banyak perusahaan sekuritas yang berlomba-lomba memberikan fasilitas ini dengan baik, transaksi online biasanya berbentuk sebuah aplikasi desktop atau gawai. Selain lebih mudah karena bisa melakukan transaksi dimanapun dan kapanpun, fasilitas ini juga memiliki beragam fitur seperti fitur grafik saham, berita, dan informasi portofolio Anda.

5. Pilih Perusahaan dengan Biaya Transaksi Kecil

Sama dengan perbankan, perusahaan sekuritas terbaik juga memiliki bayaran untuk setiap kali transaksi. Bayaran ini nantinya akan menjadi komisi bagi seorang broker, nilainya pun beragam. Untuk transaksi beli sekitar 0,15% dan transaksi jual sekitar 0,25%. Maka dari itu usahakan tidak memilih perusahaan sekuritas yang memiliki biaya transaksi besar, karena akan berpengaruh pada keuntungan yang Anda peroleh.

6. Perhatikan Setoran Awal yang Diberlakukan

Berbeda dengan transaksi jual beli lainnya, untuk transaksi saham Anda harus menyetorkan deposito terlebih dulu. Deposit ini memiliki peran seperti uang elektronik, yang akan berkurang Anda melakukan transaksi beli saham. Untuk besaran depositnya, setiap perusahaan sekuritas terbaik memiliki kebijakan berbeda-beda tergantung dari segmen pasar yang dimiliki.

Itulah beberapa tips memilih perusahaan sekuritas terbaik, untuk transaksi jual beli saham Anda. Pilihlah perusahaan yang sudah berpengalaman seperti mandirisekuritas.co.id, dan sesuaikan dengan modal yang dimiliki. Agar nantinya tidak merasa keberatan, bahkan mengalami kerugian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar