IBX5835779F171C1

Minggu, 10 Maret 2019

Pengertian dan Hal Penting Dalam Venture Capital Yang Wajib Anda Pahami


Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan perusahaan startup bukan? Ada banyak sekali perusahaan startup yang bergerak dibidang yang berbeda-beda. Salah satunya adalah dalam dunia fashion. Perusahaan ini seakan menjadi bisnis millennial yang terus mengalami perkembangan yang cukup pesat terutama di era yang serba digital ini.

Apa itu venture capital? 

Sampai disini, anda pastinya bertanya-tanya bukan bagaimana sebuah perusahaan startup bisa mendapatkan kesuksesan dan keuntungan dengan jumlah yang tidak pernah anda bayangkan? Membangun sebuah perusahaan startup memang tidak selalu mendapatkan jalan yang lurus saja. Selalu akan ada kendala yang muncul selama mengembangkan bisnis startup yang anda miliki. 

Salah satunya adalah anda harus memahami bagaimana bahasa pemrograman untuk membangun startup diawal. Selain itu, anda juga harus memposisikan perusahaan startup yang anda miliki sesuai dengan pasar yang tepat. Tetapi ada hal yang lebih penting dalam membangun bisnis startup ini yakni adanya ketersediaan dana yang mencukupi untuk membangun bisnis startup yang anda miliki. 

Salah satu cara yang bisa anda pilih untuk mendapatkan pendanaan adalah dengan memanfaatkan venture capital. Venture capital ini sendiri menjadi perusahaan yang tidak akan pernah bisa dilepaskan dengan perusahaan startup. Lantas apa sebenarnya perusahaan venture capital itu? Dan mengapa cukup penting untuk sebuah perusahaan startup? 

Venture capital sendiri merupakan sebuah lembaga keuangan yang akan memberikan pendanaan kepada pemilik perusahaan startup dimana akan ditukar dengan saham kepemilikan dari perusahaan startup yang terpilih. Nah, bisnis yang satu ini juga tidak bisa dilepaskan dari banyak pertanyaan yang sering menghampiri para masyarakat awam dimanakah mereka mendapatkan pendanaan? Dibawah ini hal penting dalam bisnis startup yang perlu anda ketahui. 

Uang yang dimiliki oleh Venture Capital berasal dari pihak ketiga 

Banyak orang atau para pemilik perusahaan startup yang masih menanyakan dimanakan venture capital bisa mendapatkan uang? Sebenarnya uang yang didapatkan dari VC sendiri tidak turun dari langit begitu saja. Melainkan mereka mendapatkan uang dari para investor. Secara sederhana, VC sendiri memiliki tugas untuk melakukan penyaluran dana yang berasal dari para investor kepada perusahaan startup. 

Orang yang melakukan investasi kepada Venture capital tersebut juga dikenal dengan limited partners. Dimana LP atau limited partners ini bisa berasal dari orang kaya raya, saham, pemilik perusahaan keluarga dan sumber-sumber lainnya. 

Untuk mendapatkan pendanaan dari venture capital ini tidaklah mudah karena para venture capitalist harus melakukan seleksi yang cukup ketat agar tidak sembarangan dalam memilih perusahaan startup. Di Indonesia sendiri, anda bisa menemukan dengan mudah perusahaan yang bergerak dibidang ini. 

Venture Capital Memiliki Masa Hidup 

Apapun pendanaan, tentu memiliki masa hidup tersendiri termasuk pendanaan yang diberikan oleh perusahaan venture capital. Biasanya para investor atau dikenal dengan LP tersebut akan menentukan dan mengira-ngira berapakah keuntungan yang mereka inginkan. Keuntungan tersebut bisa mencapai 3 hingga 5 kali lipat. Serta ketentuan lainnya seperti kapankah perusahaan VC harus memberikan return tersebut. 

Dengan adanya penetapan umur berlaku tersebutlah maka akan membantu perusahaan startup untuk mengembalikan dana yang diberikan oleh perusahaan venture capital. Mereka juga bisa melakukan pendanaan lanjutan. VC sendiri akan mendapatkan keuntungan yang berasal dari 2 jenis pemasukan yakni managemen fee dan carried interest. 

Itulah informasi penting seputar venture capital yang wajib anda ketahui. Jika anda masih bingung mendapatkan pendanaan dari Indonesia venture capital yang mana, anda bisa mengandalkan convergencevc.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar