IBX5835779F171C1

Jumat, 02 Desember 2016

Museum Gunung Merapi, Hidup Dalam Harmoni


Yogyakarta sebagai destinasi wisata nomer dua setelah Bali memiliki banyak tujuan dan obyek wisata. Dari wisata daerah pegunungan , pantai dan laut, seni dan budaya dapat dinikmati di Yogyakarta. Berbicara mengenai wisata pegunungan, satu-satunya kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang berdampingan dengan Gunung adalah daerah kabupaten sleman, sehingga tidak heran kualitas tanah dan air di daerah Sleman relatif lebih baik. Hal tersebut juga menjadi salah satu alasan pesatnya perkembangan pemukiman di Sleman.


Berbicara mengenai potensi pariwisata di Sleman, daerah ini termasuk memiliki potensi yang sangat besar. Saat ini mungkin masyarakat mengenal gunung Merapi dan candi Prambanan, namun selain itu Sleman masih menawarkan berbagai obyek wisata.Sebut saja wisata candi, wisata alam dan desa wisata yang menawarkan suasana dan budaya pedesaaan. Tidak lupa juga wisata edukasi seperti museum dan edu park.

Kali ini saya akan menuliskan tentang salah satu destinasi wisata museum di Sleman, yaitu Museum Gunung Merapi (MGM). Diresmikan pada tanggal 1 Oktober 2009, museum ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi serta edukasi mengenai kegunungapian, bagaiman kita hidup berdampingan dengan gunung Merapi yang memberikan manfaat serta memiliki potensi ancaman. Meskipun nampaknya museum ini akan membosankan karena membahas tentang gunung api, geologi dan sebangsanya, namun jangan salah penyampaian informasi tersebut disini dan layout tidak akan membuat kita merasakan kebosanan. Bahkan Museum Gunung Merapi ini rutin menerima kunjungan dari institusi pendidikan dari TK,SD sampai universitas. TIdak hanya anak-anak sekolahan namun juga institusi daerah yang sedang mengunjungi Yogyakarta juga menyambangi Museum Gunung Merapi.

Nah mengenai informasi-informasi yang dapat kita peroleh di Museum Gunung Merapi antara lain:
1. Informasi ilmiah kegunungapian, kegempaan dan gerakan tanah
2. Informasi fenomena gunung api terbentuk
3. Informasi mitigasi bencana gunung api, gempa bumi, tsunami dan gerakan tanah
4. Informasi sumberdaya gunung api
5. Informasi Aspek sosial budaya.

Semua informasi tersebut disajikan dalam gedung berlantai 2, di lantai satu kita akan menemukan replika gunung Merapi dan alat peraga kegempaan. dilantai ini juga kita temukan batu-batu hasil erupsi, Peta gunung aktif di Indonesia , dokumentasi letusan gunung Merapi 2010.

Melangkah ke lantai dua, kita bisa menemukan display letusan gunung merapi, sisa-sisa erupsi 2010 dan peraga tsunami. Sedangkan di lantai dua ini yang paling favorit adalah ruang pemutaran film tentang kegunungapian. namun diingat untuk pemutaran film ini ada waktu-waktu tertentu penayangannya. Karena amat sayang kalau sudah sampai Museum Gunung Merapi tidak menyempatkan melihat pemutaran film tersebut.


Museum Gunung Merapi buka setiap hari Selasa hingga Minggu, dan hari Senin libur. Tiket masuknya pun sangat murah hanya dengan 5 ribu rupiah kita bisa mempelajari gunung api dan dengan menambah 5 ribu lagi kita bisa melihat pemutaran film. 

Mari kita mengenal Gunung Merapi agar kita dapat hidup dalam harmoni.

Museum Gunung Merapi
Jl. Kaliurang Km.22 Dsn Banteng Hargobinangun
Pakem Sleman
0274 896498

1 komentar: