IBX5835779F171C1

Senin, 17 Oktober 2016

Kraton, Garis Lurus Pantai Selatan dan Gunung Merapi

Kraton Yogyakarta

Jogja Istimewa, demikianlah Yogyakarta kini hits dengan dua kata tersebut. Sebuah kota yang identik dengan serangkaian kegiatan belajar dan wisata sejarah. Itulah Jogjaku. Kota dimana saya lahir dan tinggali sampai hari ini. Kota yang berhati nyaman seperti slogannya. Yogyakarta, kota yang menjadi inspirasi dari lagu Kla Project yang sebagian liriknya begitu terkenang dan sangat familiar di telinga kita.

Yogyakarta, kota yang menawarkan sebuah kerinduan yang tidak tertawar. (Manda, 2016) 


Wisata sejarah di kota Yogyakarta ini membuat saya ingin selalu membawa kamera kemanapun saya bepergian. Banyak sudut yang memikat saya ketika berjalan santai di seluruh penjuru kota ini. Mulai dari bangunan tua, tempat bersejarahnya, objek uniknya, dan beberapa objek wisata yang memikat hati untuk dikunjungi. Dengan mencari di kata kunci pun akan mudah diperoleh banyak info tentang Yogyakarta, seperti : Yogyakarta kraton, Yogyakarta kaliurang, Yogyakarta batik, Yogyakarta kuliner, dan lain-lain. Zonafotografi kali ini akan membagikan cerita tentang Yogjakarta, apa yang bisa dijumpai ketika berencana liburan ke Yogyakarta. 

Wisata Pegunungan 

Yogyakarta, sebuah paket komplit menikmati keindahan kotanya, keramahan penduduknya sekaligus hawa pegunungan yang dingin. Gunung Merapi dan sekaligus bukit Plawangan dan Kaliurang. Kaliurang yang terletah kurang lebih berada di ketinggian sekitar 900 m dpl sudah membuat kita refresh sejenak dari hingar bingar dan hawa perkotaan. Kurang lebih ditempuh dengan jarak 25 kilometer ke arah utara dari Yogyakarta, yang kalau tidak macet sekitar 1 jam beperjalanan dengan kendaraan pribadi.

Apa saja yang bisa dijumpai di kaliurang?

  1. Hawa dingin dan kuliner jadah tempe.
  2. Hutan wisata di Plawangan.
  3. Pasar pisang dan salak pondoh di Telaga Putri.
  4. Refreshing dengan duduk-duduk dan aneka mainan anak di Taman Kanak-Kanak.
  5. Wisata misteri di Goa Jepang.
  6. Di sekitar kaliurang pun bisa dijumpai, Gardu Pandang Merapi.
  7. Museum Ulen Sentalu bagi penyuka sejarah dan budaya.


Wisata Pantai 

Gugusan pantai selatan yang terhampar di sebelah selatan kota Yogyakarta menambah lengkap wisata alam di Yogyakarta. Selain pantai selatan yang berpasir hitam, deretan pegunungan kapur di Gunung Kidul juga memiliki pantai yang tidak kalah memikat dari pantai selatan Yogyakarta. Pantai selatan memiliki keunikan ombak yang besar dan pantai berhawa mistis dengan cerita legenda yang berkembang di sana.

Banyak yang bisa dinikmati di Pantai selatan ini, diantaranya :
  1. Pantai parangtritis, memiliki wisata gumuk pasir dan bendi yang bisa disewa untuk menelusur sepanjang pantai parangtritis. 
  2. Parangkusumo, pantai yang menyimpan sejarah legenda dan tempat diselenggarakannya beberapa kegiatan yang membutuhkan angin yang besar, seperti layang-layang. 
  3. Pantai depok, masih di deretan pantai parangtritis yang menyediakan kuliner laut yang enak rasanya. Nah, itu tadi pantai selatan yang berpasir hitam. 
Lalu , bagaimana dengan pantai di gunung kidul yang berpasir putih. Apa saja yang bisa kita lakukan di pantai tersebut? 
  1. Snorkling Berenang dan bermain air.
  2. Menikmati kolam renang alami di Wediombo 
  3. Menikmati kuliner laut di pantai Indrayanti dan pantai Baron 


Selamat berwisata dan liburan ya!

14 komentar:

  1. jogja kota kenangan yang tak terlupakan

    BalasHapus
  2. Jadi gak sabar nunggu bulan depan deh heheheh

    BalasHapus
  3. Belum pernah ke parang kusumo. Jadi pingin liat kesana. Edisi kangen pantai 😀

    BalasHapus
  4. Terakhir ke Wediombo gak boleh renang. Ombaknya lagi gedheeee

    BalasHapus
  5. Terakhir ke Wediombo gak boleh renang. Ombaknya lagi gedheeee

    BalasHapus
  6. Terakhir ke Wediombo gak boleh renang. Ombaknya lagi gedheeee

    BalasHapus
  7. Selalu suka liat video2nya manda dan panda. Pengen ih bikin begitu juga, ajarin dooooong

    Btw aku pernah tuh wisata goa jepang. Mak jaaaan pegel kakiku hahaha

    BalasHapus
  8. Video2nya..tsakeppp..blog ini jd semi2 vlog. Mantappp

    BalasHapus
  9. Baru aja pulang dari Jogja. Dan bener.... Jogja selalu ngangeni 😁😊

    BalasHapus
  10. Mari mampir jogja..video msh loading nh

    BalasHapus
  11. Videonya keren Mak..apa yg berubah nih dari Telaga Putri?

    BalasHapus
  12. Jadi pengen berenang mbak. Btw aku baru tau blogmu yg ini mbak :D

    BalasHapus
  13. Aku kalo ke jogja malah ga pernah berenang. Boro2 berenang main air dipantai juga dulu nggak pernah dibolehin ortu...hehehe

    BalasHapus
  14. yah jadi kangen jogja, aku kalo ke jogja seringnya pergi ketempat wisata kuliner terus dan kalo berenang belum pernah huhu

    BalasHapus