IBX5835779F171C1

Jumat, 30 September 2016

Smart Traveller, Planning Before Travelling

Judul diatas bukan ingin sok jago bahasa inggris, namun terlintas begitu saja ketika ingin berbagi mengenai seminar yang saya ikuti minggu lalu. Bertempat di restoran House of Balcony di Ambarukmo Plaza, seminar yang diusung oleh Sun Life Financial ini mengambil tema mengenai perencanaan liburan. Seminar ini adalah bagian dari "Seminar & Exhibition Roadshow" Sun Life Financial. 

Kenapa kita butuh liburan atau travelling ?
Rutinitas pekerjaan dan kegiatan monoton yang kita lakukan berulang akan membuat kita penat, pada saat itulah kita memerlukan kegiatan dan suasana yang berbeda untuk me-refresh dan recharge ulang tubuh dan pikiran kita. 


Mengerti kebutuhan masyarakat, maka Sun Life Financial menghadirkan dua pembicara yang memiliki kompetensi yang mumpuni di jagad travelling. Pembicara yang pertama adalah seorang Travel writer, Co-Founder Indonesia Corner dan juga seorang Dosen. Ibu Donna Imelda, sudah malang melintang dan makan asam garam travelling baik dalam maupun luar negeri, memberikan presentasi mengenai perencanaan liburan.

Segala macam liburan baik  yang jarak dekat maupun jauh semua membutuhkan perencanaan terutama perencanaan keuangan, agar liburan yang dijalani menjadi berkesan dan berarti. Karena banyak juga yang berlibur dengan menggunakan kartu kredit, sebaiknya dihindari karena selesai liburan yang ada kita menjadi sibuk mengangsur biaya traveling kita. Sehingga kenikmatan liburan menjadi beban dikemudian hari. Jadi dalam merencanakan liburan kita harus ingat "Pay First Play Later" jangan terbalik.

Pembicara kedua mbak Atanasia Rian, seorang Travel dan Kuliner Blogger, berbagi tips bagaimana melakukan solo traveling. meskipun solo traveling namun tips ini bisa juga diterapkan bagi yang sudah berkeluarga. Mbak Rian berbagi tips antara lain dalam mempersiapkan perjalanan salah satu faktor yang utama adalah budgeting. Budgeting ini sangat penting jangan sampai kita nantinya terkatung-katung di tempat tujuan karena kehabisan uang, itu sangat tidak keren. 

Agar budgeting yang kita buat tidak terlalu meleset dari perkiraan maka budgeting harus sedetil mungkin dan kita juga harus mempersiapkan faktor selanjutnya yaitu Itinerary. Dengan menyusun itinerary, kita bisa mengetahui perkiraan dimana saja kita akan mengeluarkan uang. Sehingga peluang menggunakan dana darurat menjadi kecil.

Berkaitan dengan hal tersebut, dimana adanya kesulitan dan kebutuhan masyarakan dalam merencanakan keuangan mereka bahkan untuk melakukan liburan. Maka Sun Life Financial memperkenalkan layanan online "Bright Advisor". 
Bright Advisor adalah portal online yang dikembangkan oleh Sun Life sebagai penyedia informasi seputar asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, investasi dan perencanaan keuangan. Layanan ini diciptakan untuk memberikan informasi dan menjawab pertanyaan dengan cermat dan bahasa yang mudah dimengerti. Siapapun bisa mengakses Bright Advisor dan berkonsultasi mengenai perencanaan masa depan.

Apa hubungannya kita merencanakan traveling/ liburan dengan Bright Advisor. Bright Advisor dan Sun Life ini dapat membantu rencana keuangan dan investasi jangka panjang, sehingga kita bisa merencanakan suatu liburan yang besar dan mewah 5 atau 10 tahun dari sekarang. 
Beberapa kesan yang saya dapatkan dari peserta seminar rata-rata menyatakan bahwa sharing seperti ini memberikan pengetahuan yang menarik, akan lebih baik jika diselenggarakan secara berkala. Jadi kita harus lakukan perencanaan dahulu sebelum liburan ya. 

1 komentar:

  1. Planning before travelling ...biasanya malah ndadak kok ini kalau mau travell :D

    BalasHapus