IBX5835779F171C1

Selasa, 15 Maret 2016

Habitat at Hyarta,Menikmati Keramahan Jogja



Setelah melewatkan workshop yang diadakan desember lalu, kali ini saya tidak melewatkan ajakan istri saya untuk mengikuti workshop. Workshop yang dibawakan oleh mas Teguh Sudarisman kali ini mengenai pembuatan video menggunakan smartphone. Kami tiba di tempat workshop di salah satu kawasan elite di jogja utara, di Habitat@Hyarta, tepat pukul 9. Meskipun ini kali kedua kami mengunjungi Habitat@Hyarta, namun masih saja terkagum kagum dengan suasana dan kenyamanannya.
Memasuki gerbang Hyarta kami disambut petugas keamanan yang dengan ramah menanyakan keperluan kami,memang sebagai kawasan hunian Elite disini diberlakukan one gate system sehingga menjamin keamanan dan kenyamanan. Melewati gerbang kami langsung disuguhi deretan rumah indah dengan jalan yang lapang serta rindang, walau pagi ini matahari cukup terik memancarkan sinarnya namun tak terasa panas dilingkungan Habitat Hyarta ini.



Mobil kami melaju terus melewati rumah-rumah cantik yang membuat ingin memilikinya,menuju pendopo berbentuk Joglo dimana workshop diadakan. Workshop di Joglo dengan kayu jati berukir, sangat bernuansa Jogja banget. Ditambah joglo ini berada di sebelah kolam renang menambah sejuknya suasana dimata dan dihati. Disisi yang lain juga nampak area gym dan playground untuk anak-anak, fasilitas yang lengkap bagi penghuninya.


Workshop bersama mas Teguh Sudarisman

Setelah registrasi kami menyapa mas Teguh yang tampak sibuk mempersiapkan peralatannya yang akan digunakan untuk menyampaikan materi. Materi kali ini mengenai pembuatan video dengan smartphone sehingga ada beberapa peralatan yang harus disiapkan. Karena tema workshopnya adalah membuat video dengan smartphone jelas saja alat pertama yang harus ada adalah smartphone, lalu Tripod atau Monopod untuk menjaga kestabilan pengambilan kamera. Peralatan tambahan lainnya seperti additional microphone,sound recorder dan juga lakban.


Mas Teguh membawakan materi kali ini dengan gaya beliau yang santai disertai  bahasa yang ringan dan sederhana. Sehingga materi yang baru bagi saya dapat saya terima dan serap dengan mudah. Yang menarik adalah mas Teguh memperlihatkan film pendeknya yang dibuat menggunakan Iphone dengan hasil yang tidak berbeda jauh dengan kamera film professional. Dua film pendek yang dicontohkan “mengejar bu Baniyah” dan film mengenai penambang batu di Brown Canyon Semarang. Jika melihat hasilnya pasti orang tak akan percaya jika film tersebut dibuat menggunakan smartphone.
Saya sempat bertanya untuk mendapatkan beberapa angle scene apakah kita harus berpindah-pindah dan tahan malu? dan mas Teguh menjawab bahwa kita memang harus berpindah-pindah dan bermuka tebal, apalagi jika ada scene jarak dekat (close up) maka kita harus mengambil dari jarak yang dekat pula. Tanpa terasa sesi pertama selesai dan setelah ishoma dilanjutkan dengan praktek membuat video mengenai Habitat Hyarta.

Praktek Pembuatan Video Pendek
Setelah selesai makan siang dan menunaikan ibadah, mas Teguh mengajak kami untuk mempraktekkan ilmu yang baru saja diperoleh. Saya bergegas mengambil tripod dimobil dan mengikuti rombongan peserta workshop ke salah satu unit residence Habitat@Hyarta. Kami berjalan menyusuri lingkungan yang adem dan rindang, padahal siang ini cuacanya panas.

Habitat@Hyarta adalah penginapan yang memiliki konsep villa yang ingin membawa pengunjung merasakan seperti dirumah sendiri. Berbeda dengan hotel yang bertingkat-tingkat dan terkesan kaku, Habitat@Hyarta memberikan pengalaman tinggal disalah satu villa disuatu lingkungan perumahan, sehingga memberikan nuansa dan pengalaman tinggal di Jogja.
Sampailah kami ke salah satu unit villa. Membuka pintu masuk terpampang didepan mata saya livingroom dengan TV LCD meja kayu dan sofa putih memberikan kesan nyaman ditambah dengan vas dipojokan serta ornament terbuat dari gerabah dan kuningan yang menambah kesan traditional. Masih diruangan yang sama, ternyata ruang keluarga juga menjadi satu dengan ruang makan tanpa dibatasi penyekat, yang menghasilkan suasana yang lega dan terbuka. Diatas meja makan yang terbuat dari kayu dipilih lampu penerang yang modern namun bernuansa traditional sehingga senada dengan konsep villa.



Kemudian saya beranjak ke lantai dua menuju kamar tidur utama, kamar yang berdesain traditional dengan dominasi kayu yang menunjukkan kesan lawas ini tampak nyaman. Hanya dengan membayangkan rebahan di kasur yang empuk serta melihat keluar balkon membuat pengalaman menginap di sini adalah suatu pengalaman yang tak terlupakan. Kamar tidur utama ini juga dilengkapi dengan kamar mandi dalam plus bathtub. Selain 3 kamar tidur yang nyaman, villa ini juga dilengkapi dengan dapur juga. Dapur bersih berada di lantai satu seruangan dengan meja makan, juga disediakan alat makan dan memasak disana.




Presentasi Hasil Kreasi
Puas berkeliling dan mengagumi interior dalam villa, saatnya kembali ke pendopo dan mulai berkreasi mempraktekkan ilmu baru. Tanpa menunggu lagi saya mulai memilih dan mengedit video yang telah saya buat dengan aplikasi filmora. Aplikasi ini sudah saya unduh dan jalankan di smartphone saya, dan pada akhir workshop masing-masing diminta memperlihatkan hasil karyanya. Dan inilah hasil karya saya, silahkan dinikmati.



Habitat@Hyarta Yogyakarta

Jalan Palagan Tentara Pelajar, 55581 Yogyakarta, Indonesia
T +62 274 436 1220 ; 081 829 3535

11 komentar:

  1. Widiiiwww udh kelar aja ni panda... Nice sharing panda.. Semangat bermain2 dengan video ya.. Hihihihi.. Keep sharing!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi semangat ni manda...

      Hapus
  2. saya belum pernah mencoba aplikasi filmora, sepertinya perlu dicoba nih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Jarwadi, ini tulisan mas panda.. hihihihihi.. iya, filmora keren...

      Hapus
    2. Iya aplikasinya user friendly mas jarwadi.

      Hapus
  3. Wih, keren. Mantep videonya. Pengin deh ke Habitat at Hyarta lagi. Betah banget kalo disuruh lama-lama disana. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, betah di Hyarta ya..

      Hapus
  4. sangat nyaman, di tambah suasanan jogja yang hening dan menentramkan Menarik
    terima kasih reviewnya :)

    BalasHapus
  5. Semoga suatu saat bisa berkunjung ke sini juga. :)

    BalasHapus