IBX5835779F171C1

Jumat, 29 Januari 2016

Arungi Jeram Progo Atas Bersama Progo Rafting

Hari ini tidak seperti hari minggu biasanya, hari minggu ini saya dan istri bangun lebih awal dan mempersiapkan baju ganti dan peralatan. Setelah 2 teman yang kami tunggu akhirnya datang, mobil kami pun melaju meninggalkan rumah tepat pukul 6.30. Hari ini kami berangkat pagi menuju kota Magelang untuk merasakan tantangan baru bermain air. Dimobil kami membahas seperti apa pengalaman baru ini, yang hanya menambah rasa penasaran kami.

sungai progo

Akhirnya tepat pukul 7.30 kami memasuki Hotel Puri Asri di Magelang, hotel berbintang dan terletak di tepi sungai Progo. Udara pagi Magelang hari ini lebih dingin dibandingkan jogja, dan saat kami melangkah menuju sungai Progo terdengar sayup gemericik aliran air sungai Progo. Pemandangan yang sangat menawan sungai Progo, hamparan hijau dengan latar belakang gunung Sumbing membuat hati ini tenang. Tak berlama-lama menikmati nikmat Tuhan, kami bergegas bertemu dengan mas Andy dan mas Miki yang akan menerangkan kepada kami permainan yang akan kami ikuti.

sungai progo,progo rafting, arung jeram, rafting, puri asri,magelang,progo river,briefing,pembekalan,aman,peralatan rafting,dayung,helm,pelampung
briefing
Bermain Rafting bersama Progo Rafting, Itulah kegiatan yang akan kami lakukan hari ini. Rafting atau arung jeram, bagi kami yang pertama kali sedikit ada rasa khawatir dan takut ber-arung jeram, apalagi ada diantara kami yang tidak bisa berenang. Namun rasa penasaran kami lebih besar, dan segala sesuatu pasti ada awalnya. Pukul 8.00 tepat kami dikumpulkan untuk mendapatkan briefing singkat tentang Progo Rafting.

Sekilas mengenai Progo Rafting, Progo Rafting adalah penyelenggara wisata arung jeram di Progo Atas Magelang. Sejak 1997 mereka sudah menjadi operator wisata arung jeram yang handal, banyak perusahaan di Indonesia yang sudah memakai jasa mereka untuk kegiatan employee gathering atau family gathering dengan kegiatan arung jeram. Selain perusahaan dan institusi, keluarga juga dapat menikmati wisata rafting ini. Informasi yang paling penting adalah karena ini adalah Wisata Rafting, maka dapat dipastikan bahwa kegiatan ini Aman dan Menyenangkan. Rute ini dinamakan Progo Atas karena ada 3 spot rafting di sungai Progo, yaitu Progo Hulu, Progo Atas dan Progo Bawah. Dari ketiga spot itu, yang disarankan untuk wisata adalah Progo Atas yang dikelola oleh Progo Rafting.
sungai progo,progo rafting, arung jeram, rafting, puri asri,magelang,progo river,team rafting
Team 1

Setelah mendapat sekilas informasi mengenai Progo Rafting, Mas Fuad salah satu pemandu mulai menjelaskan persiapan sebelum mulai berarung jeram. Satu perahu nanti akan diisi 5 orang dengan 1 pemandu yang berpengalaman. Semua peserta rafting diwajibkan memakai alat keamanan yang disediakan Progo Rafting. Alat-alat keamanan tersebut adalah Helm dan Jaket Pelampung dengan daya apung hingga 150 kg, sehingga bagi yang tidak bisa berenang tidak perlu khawatir. Helm dan jaket pelampung dipakai dan dikancingkan semua pengancingnya. Selain itu kami juga mendapatkan masing-masing satu dayung yang akan digunakan untuk mendayung. Sebelum mulai turun ke sungai kami berdoa dahulu dan sedikit pemanasan.

Dalam wisata rafting ini masing-masing perahu akan menyusuri sungai progo sepanjang 9 kilometer yang akan ditempuh selama 2 jam. Masing-masing perahu akan dipimpin oleh seorang pemandu yang berpengalaman serta bersertifikat, dan perahu kami dipandu oleh mas Iwan. Selama pelayaran nanti kami diminta mendengarkan instruksi dari pemandu dimana ada beberapa instruksi seperti dayung depan, dayung belakang,stop, pindah kanan, pindah kiri. Sedangkan untuk urusan mengarahkan perahu dan rute yang dipilih diserahkan ke pemandu.

Progo Atas

Pukul 08.30 journey start, terlintas sepenggal bait lagu Yume no kawa (sungai impian), “Sepanjang sungai impian perahu kecil mulai menghilang tubuh bergetar mengumpulkan keberanian”.

Perahu mulai berlayar di sungai progo, debit air hari ini tidak begitu tinggi bahkan dibawah normal. Meski begitu masih bisa untuk melakukan Rafting. Disaat rasa masih canggung dan tidak tahu apa yang harus dilakukan selain mendayung, pemandu kami memecahkan kecemasan dengan bermain dengan perahu kelompok lain. Pemandu kami menyiramkan air kepada perahu lain menggunakan dayungnya, seketika terjadi perang air antar perahu kami dengan perahu sebelah. Hal tersebut menghilangkan kecanggungan dan kecemasan kami, bahkan kami mulai menikmati pelayaran ini.

Jeram

Sambil mendayung maju kami berbincang diperahu dengan pemandu kami tentang wisata rafting ini, kami pun mulai mendekati jeram pertama,pemandu kami mengintruksikan stop dayung dan perahu mulai bergoyang mengikuti gelombang sungai. Wow its fun, setelah melewati jeram pertama pelayaran ini semakin mengasyikkan diselingi dengan perang air dengan setiap perahu. Setelah beberapa jeram kami lewati (sekitar 3 atau 4 jeram) kami akhirnya tiba ditempat pemberhentian pertama.
Arungi Jeram

Di pemberhentian ini mas Miki memberikan 2 tantangan yang sangat menarik, tantangan yang pertama adalah foto ketika melompat ke sungai dan yang kedua adalah kapal dibalik. Tantangan ini sangat aman karena dilakukan ditempat yang aman dan tenang. Saya mengambil tantangan mas Miki dengan harapan bisa berpose levitasi, dan berhasil juga berpose berdoa sebelum tercebur ke sungai.
sungai progo,progo rafting, arung jeram, rafting, puri asri,magelang,progo river, pose doa,berdoa,levitasi
Jangan Lupa Berdoa

Setelah beristirahat, pelayaran dilanjutkan kembali rute selanjutnya tidak begitu semenantang rute awal, disini biasanya pemandu biasanya memberikan beberapa permainan Fun, seperti berdiri diatas perahu atau mengerakkan perahu secara berputar/spin. Ketika pelayaran tenang mas Iwan bercerita bahwa rute rafting memiliki beberapa level I sampai V. Sedangkan di Progo Atas ini levelnya III sehingga aman untuk wisata keluarga.
Progo Rafting
Action dulu

Tak terasa 9 kilometer dan 2 jam rafting kami harus berakhir, dipemberhentian terakhir kami disuguhi dengan segarnya kelapa muda dan makanan ringan. Sambil bercengkerama dengan teman-teman dari perahu lain kami nikmati suguhan dari progo rafting. Kemudian kami kembali ke base camp di Hotel Puri Asri. Setibanya di base camp kami membilas badan dan berganti pakaian, sementara itu Progo Rafting sudah menyediakan nasi kotak khas Magelang yang disiapkan rumah makan Tip Top.

sungai progo,progo rafting, arung jeram, rafting, puri asri,magelang,progo river,kelapa muda
Segarnya rame-rame

Setelah mengarungi 9 kilometer sungai Progo, tiada lagi kekhawatiran yang tertinggal hanyalah pikiran yang segar, hati yang bahagia, badan yang basah kuyup dan tak lupa tawa dan senyum yang tak habisnya.  Seperti tag line Progo Rafting " GET WET, BE WILD & HAVE FUN". YES WE ARE!!
Semua terasa indah bersama mu

Ingin juga merasakan petualangan seperti kami, datang saja ke Progo Rafting di Magelang. Dimana semua keceriaan tercipta.

“The river of dream, past to present, present to future, its flowing, everyone is rowing their own boat of hope”

Address : JL. Cempaka No. 9 Magelang, Jawa Tengah – Indonesia
Phone : +62 293 365115 ext 106 – Fax : +62 293 364400
Mobile : 0812 273 5192 – Email : isnu_progo@yahoo.co.id Web : www.progorafting.com