IBX5835779F171C1

Minggu, 04 Oktober 2015

Mengubah Setting Aperture di Canon 550D



Bagaimana cara kita mengatur setting Aperture di kamera Canon 550D? 


Kali ini saya akan menceritakan bagaimana cara setting Aperture di kamera Canon 550D. Sebelum melakukan perubahan setting, setidaknya kita mengenal dulu tombol-tombol pada kamera yang akan kita gunakan. Pentingnya mengenal tombol-tombol ini agar perubahan setting yang kita lakukan bisa lebih cepat. 

Mengenal Tombol Canon 550D

Setidaknya ada 4 tombol yang akan digunakan dalam perubahan setting ini, yaitu :
  1. Tombol Mode Dial atau Thumb Wheel  
  2. Tombol Main Dial 
  3.  Tombol Navigasi 
  4. Tombol Quick Control 

mode M

Dengan menggunakan tombol mode dial (thumb wheel), kita set kamera pada mode M atau bisa juga pada mode Av (Aperture priority). Pada menu mode M, kita bisa melakukan perubahan setting tidak hanya pada setingan aperture, namun juga perubahan pada shutter speed, ISO , exposure dan lain lain. Sedangkan jika kita set pada mode Av atau aperture priority, maka pada layar display sudah tertera setting default untuk menu Av ini, hanya saja tingkat aperture-nya dapat diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan kita.

Karena kali ini kita sedang belajar setting aperture, maka fokus kita adalah bagaimana mengubah aperture agar bisa menghasilkan seperti di sini.

Setelah diset pada mode M yang memungkinkan saya dapat mengganti semua settingan yang tampak di layar display. Untuk mengubah settingan tersebut, klik tombol quick control (huruf Q di sebelah kanan layar display). Biasanya bagian shutter speed akan terblok terlebih dahulu, setelah itu geser ke kanan dengan tombol navigasi (melingkari tombol SET yang ada tanda panahnya) menuju ke bagian aperture, yaitu : F4.0 seperti gambar berikut ini.

Display mode M

Sampai ke bagian ubah Aperture, tombol yang digunakan untuk menggeser adalah tombol main dial, tombol ini letaknya di belakang tombol shutter (tombol untuk mengambil gambar). Tombol main dial ini bentuknya bergerigi. Dengan menggeser ke kanan maka ukuran F menjadi lebih besar dan menggeser ke kiri untuk ukuran F yang lebih kecil. Ukuran aperture paling kecil adalah F1.8 dan ukuran yang paling besar adalah F22. Hasil perubahannya bisa dilihat di artikel ini.

Mengubah Setting Aperture

Settingan Aperture

Jika tidak menggunakan mode M, maka mengubah aperture bisa dilakukan dengan mode Av. Ubahlah mode M menjadi mode Av pada mode dial (thumb wheel). Lalu lihatlah ke layar display, maka akan terlihat kotak aperture sudah terblok dan kotak shutter speednya tidak ada. Dari sini, kita bisa langsung mengubah aperture sesuai keinginan dan kebutuhan obyek yang akan diambil gambarnya.

Oke, itu tadi adalah cara mengubah setting aperture jika kita ingin bermain-main dengan aperture. Setelah belajar men-setting, harus sering berlatih mengambil gambar indoor dan outdoor agar feel kita semakin terasah dengan cahaya yang ada pada obyek.

Salam jepret!

1 komentar:

  1. belajar itu beneran bisa darimana aja ya.. nambah ilmu niii, ditunggu ilmu lainnya.. *ayuk belajar* *kedip kedip*

    BalasHapus